1G. KASUS PENYAKIT FISIK

Cara Menyembuhkan Alergi Dengan Hypnotherapy

Beberapa tahun yang lalu saya memiliki seorang murid yang memiliki masalah alergi. Dia adalah mahasiswa kedokteran yang hampir mati karena alergi kerang. Dia bercerita, saat itu adalah hari perayaan kelulusan, semua orang bergembira dan dia memutuskan untuk pesta makan malam bersama teman-teman yang baru lulus dan bersama tunangannya. Semua orang bergembira dalam makan malam itu. Sampai mendadak ketika dia makan kerang, dia menjadi sangat mual dan tubuhnya terasa sangat tidak enak serasa mau mati. Semua orang baik-baik saja kecuali dia. Saat itu dia baru tau kalau dia alergi terhadap kerang.

Namun saya tidak serta merta mempercayainya, saya katakan sebelumnya kamu tidak masalah ketika makan kerang pasti ada sebab yang membuat kamu menjadi alergi. Mari saya terapi kamu untuk mencari sebab kenapa kamu menjadi alergi terhadap kerang.

Dalam kondisi terapi terungkap bahwa sebelum pesta makan malam dimulai, dia bertengkar dengan tunangannya, tunangannya mengembalikan cincin dan mengatakan bahwa dia tidak akan menikah dengannya. Murid saya ini merasa sangat sedih. Dan ketika makan malam dimulai, dia tidak bisa makan kerang itu dan disitulah mulai alergi itu timbul.

Sebetulnya mungkin saja murid saya ini sebenernya dalam kadar ringan sudah agak alergi terhadap kerang, namun tidak menjadi sangat parah jika saja tidak dipicu oleh emosi negatif berupa kesedihan dan kekecewaan yang mendalam yang secara kebetulan terjadi bersamaan saat dia makan kerang.

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah besar kecilnya niat klien untuk sembuh serta ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi secara benar.

Contoh Kasus Sakit Maag Yang Sembuh Dgn Hypnotherapy

* Kasus sakit maag 2:

Me (11:20): So far gimana perasaanmu? Ada perubahan?
klien (11:25): yang maag sih ampuh bgt. makannya jd lbh teratur.
Me (11:35): Maksudnya jadi lapernya on time atau gimana? ๐Ÿ™‚
Me (11:35): Kok bisa lebih teratur kenapa?
klien (11:36): iya lapernya on time. terus bagusnya juga, ada remnya. biasanya kan saya suka tunda2 makan, sampe lupa lapernya. terus giliran makan, gak kira-kira porsinya.
klien (11:39): jadi, pagi2 nih udah laper, trus makan secukupnya, dah kenyang. tunggu siang lagi. ama malem deh pas pulang rumah.
klien (11:40): kayak ada perasaan di dlm hati, klo gak makan nanti gak bagus buat kesehatan. gak mau sakit lagi kan.. kyk gitu deh pak..
Me (11:41): ๐Ÿ™‚ bagus deh. Padahal soal maag aku cuman handle bentar udah bisa gitu ya. boleh aku pake ini buat testimoni di blog? Tar nama aku samarkan kok.
Me (11:42): Buat bantu orang lain juga yang maag
klien (11:42): boleh lah pak.. gpp..
Me (11:42): Kasian orang2 yang sakit pikiran engga tau kalau bisa dibereskan dengan hypno
Me (11:42): Dalam waktu singkat
Me (11:42): Dan enak kan ๐Ÿ™‚
Me (11:43): Tinggal merem, melek2 dah sembuh ๐Ÿ™‚
Klien (11:43): padahal tadi saya takut juga pak, jangan2 nanti saya malah jadi tukang makan. hehe. ternyata spt ada rem sendiri, perut udah gak terima lagi, walau makanannya enak.
Me (11:44): Ya bisa diatur kok mau dibuat bagaimana, selama buat kebaikan tubuh pasti bawah sadar akan mendukung.

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Mual Hamil yang disertai muntah-muntah

Ini adalah kasus terapi hipnoterapi dimana seorang ibu hamil yang sangat terganggu dengan mual-mual saat hamilnya. Dalam proses terapi ibu ini tidak ingin dihilangkan sama sekali. Sesuai permintaan, kami hanya mengurangi saja intensitas mualnya. Ibu ini tidak bisa mencium bau makanan sama sekali, beliau harus mengungsi ke rumah mamahnya yang dapurnya jauh dengan kamar. Juga sebelum terapi selama 2 bulan tidak bisa ke mall karena di mall selalu mencium bau makanan. Jika mencium bau makanan akan langsung muntah.

Messages:

———

Terapis.: Selamat pagi bu , maaf saya mau tanya, bagaimana perkembangan ibu saat ini, sudah lebih nyaman menjalani kehamilan? Bagaimana respon thd bau2an makanan?

Ibu: Maaf pak, blm smpt jwb bbm nya. Untuk muntah2 sdh berkurang, tp utk respon thd bau makanan msh agak mengganggu ya pak, walaupun reaksinya tdk separah sblmnya. Sy lg berfikir mgkn nggak kl kpn2 sy terapi lg utk ‘menyetel tombol respon bau2an ke 0 instead of 2 spt yg sy setel sebelumnya?’ Tp in general, sdh ada perkembangan, spt td pg sy coba bfast ke rest, sdh mulai bisa walaupun msh pakai masker :). โ€ŽThวปะธkฦดลฯ‹โ˜บโ—ฆยฐหšหšหšยฐโ—ฆยฐ

Terapis.: Thanks bgt utk sharingnya bu. Tentu bisa bu, sebab waktu itu saya hrs menawarkan kpd ibu, nyamannya diberapa. Kalau mau di 0 kan boleh saja bu. Thanks bu .

Ibu: Baik pak. Kl keluhan ini memang msh mengganggu, mgkn kapan2 sy blh atur jadwal therapy lg ya. Thx Pak.

Terapis: Ok thanks a lot ya bu ๐Ÿ™‚

Beberapa hari kemudian setelah kami cek kembali:

Ibu: Siang Pak Iwan. Mau kabarin sj, kondisi sy sdh jauh lebih baik. Sdh mulai ‘berani’ ke mall, stlh hmpr 2bln tdk berani kluar rumah ๐Ÿ™‚ . Tks atas bantuannya.

Terapis.: Wah bagus sekali, terimakasih utk updatenya ya bu, semoga terus menjadi lebih baik dan lebih sehat buat ibu dan bayinya ๐Ÿ™‚

Ini juga ada testimoni dari kasus mual hamil dari orang yang berbeda:

Me : Bu, bagaimana perkembangannya? Sudah lebih baik bu?

Klien : Puji Tuhan sdh sgt lbh baik pak..sy tdk merasakan mual atau lemas sa.a sekali..jd lbh enak makan dan beraktivitas..trmksh bnyk atas bantuannya pak..sy bnr2 terbantu..bahkan sdh tdk perlu mnm obat antimual lg..sekali lg trmksh pak..

Me: Puji Tuhab bu, saya senang sekali mendengarnya bu

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Contoh Kasus Amandel Yg Tdk Jadi Operasi Berkat Hypnotherapy

>>>>>>>>>fit, udah 2 minggu, gimana kabar amandelmu so far?

>>>>>>>>eeh iya Pak aku lupa mau cerita,,kondisi amandel aq menciut,,sampai

dokter THT nya bingung,,saya Nga jadi operasi Pak,, ๐Ÿ™‚

>>>>>>>>Makasih banyak lho Pak Djoko,,ampe sekarang aku jg bingung Pak koq

amandel aku bisa menciut y balik kebentuk normal

>>>>>>>ya itulah, itulah kekuatan pikiran.

dahsyat ya.. ada orang yang sampai lumpuh karena pikiran sendiri juga.

macem2 lah yang aneh2, mual kalau makan buah dll. ya syukurlah kalau gitu.

minum air angetnya gimana?

>>>>>>Iya ya Pak ternyat obat pun bisa kalah ma kekuatan pikiran,,Minum air

anget nya juga aku dagh ga mual lg,,udah kaya minum air biasa aja,,tapi

kadang2 aku suka lupa mimunya Pak,,terkadang sehari minum kadang ngak,, ๐Ÿ™‚

>>>>>aku emang dokter tht mu bilang

apa?

>>>>Waktu pertama cek ke dokter THT aku harus operasi krn emang amandelnya

dagh nutup tenggorokan,pas ronsen ke-2 kmrn Dia sempet bingung amandelQ

mengecil, soalnya kata dia obat amandel itu cuma buat ilangin rasa sakit,,tp

gak ada yg bisa buat ciutin amandel kecuali operasi,,Truz aku cerita klo aku

diobatin ma bapak,pakai pengobatan hypoterapy

>>>oh ya.. trus dia bilang apa? soalnya belum banyak yang tahu sih kekuatan

hypnoterapy itu, gara2 banyak salah persepsi dengan hipnotis dan gendam.

>>Truz aku ceritainpengobatannya kaya apa,, semacem kaya hypnotis dibawah

alam sadar kita untuk ngobatin penyakitnya

>>Dan dia juga akuin klo penyakit itu sebenernya emang lbh banyak timbul dr

pikiran sendiri

Sekali lg mkasih bnyak

y Pak,,amandel aq jadi sembuh dan yg paling penting aku dagh nga kebeban

pikiran tukl operasi lg ๐Ÿ™‚

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Sakit Maag Sembuh Berkat Hypnoterapy

Ini adalah chatting saya dengan klien yang telah sembuh dari sakit maag akibat suka menunda makan:

Me (11:20): So far gimana perasaanmu? Ada perubahan?
klien (11:25): yang maag sih ampuh bgt. makannya jd lbh teratur.
Me (11:35): Maksudnya jadi lapernya on time atau gimana? ๐Ÿ™‚
Me (11:35): Kok bisa lebih teratur kenapa?
klien (11:36): iya lapernya on time. terus bagusnya juga, ada remnya. biasanya kan saya suka tunda2 makan, sampe lupa lapernya. terus giliran makan, gak kira-kira porsinya.
klien (11:39): jadi, pagi2 nih udah laper, trus makan secukupnya, dah kenyang. tunggu siang lagi. ama malem deh pas pulang rumah.
klien (11:40): kayak ada perasaan di dlm hati, klo gak makan nanti gak bagus buat kesehatan. gak mau sakit lagi kan.. kyk gitu deh pak..
Me (11:41): ๐Ÿ™‚ bagus deh. Padahal soal maag aku cuman handle bentar udah bisa gitu ya. boleh aku pake ini buat testimoni di blog? Tar nama aku samarkan kok.
Me (11:42): Buat bantu orang lain juga yang maag
klien (11:42): boleh lah pak.. gpp..
Me (11:42): Kasian orang2 yang sakit pikiran engga tau kalau bisa dibereskan dengan hypno
Me (11:42): Dalam waktu singkat
Me (11:42): Dan enak kan ๐Ÿ™‚
Me (11:43): Tinggal merem, melek2 dah sembuh ๐Ÿ™‚
Klien (11:43): padahal tadi saya takut juga pak, jangan2 nanti saya malah jadi tukang makan. hehe. ternyata spt ada rem sendiri, perut udah gak terima lagi, walau makanannya enak.
Me (11:44): Ya bisa diatur kok mau dibuat bagaimana, selama buat kebaikan tubuh pasti bawah sadar akan mendukung.
Klien (11:44): klo gini, gak bisa dibawa ke resto2 buffet nih. hahaha..
Me (11:44): Ya itu ga sehat kan makan berlebihan ๐Ÿ™‚

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Tinnitus (Telinga Berdengung)

Berikut adalah klien tinnitus (telinga berdenging), dimana klien telah 3x berobat ke THT, telah dicek MRI dan CT Scan dan beberapa pengobatan alternatif lainnya dan ke dua dokter syaraf, namun gejala tinnitus tersebut hanya sedikit berkurang dan kemudian sering menjadi lebih kuat.

Setelah terapi dilakukan ternyata didapat akar masalah adalah saat kecil klien sering mendengar orang tuanya bertengkar hebat, ibunya sering memarahi ayahnya dan ibunya sering sekali menyalahkan klien dan mengkritik klien dalam segala hal. Sering menyalahkan dan mengkritik klien sejak kecil membuat pikiran bawah sadar klien membentuk suatuย  defense mechanism berupa sifat perfeksionis, klien jadi sangat perfeksionis dalam segala hal yang dilakukannya, supaya tidak ada celah sedikitpun bagi ibunya ataupun orang lain utk menyalahkannya. Setelah dewasa sering merasa cemas, resah, sering khawatir berlebih terhadap hal-hal yang tidak sempurna yangย  terjadi dalam hidupnya. Hal ini berakibat gangguan pada fisik berupa rasa kesemutan di kepala, punggung dan leher panas, dan beberapa bulan terakhir telinga berdenging parah (tinnitus).

Setelah trauma masa lalu dilepas, bagian diri klien (baca program pikiran) saat kecil yang mempunyai persepsi atau pemaknaan salah terhadap situasi saat kecil di edukasi ulang, klien merasa lega dan tenang dan cukup percaya diri, dan nyaman.

Pesan untuk para orang tua :

Sebaiknya berikan ruang pada anak untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri, tentunya dengan bimbingan dan cinta kasih. Jangan selalu disalahkan, dikritik. Sebaiknya jangan bertengkar dihadapan anak, karena kita tidak pernah tahu pemaknaan seperti apa yang akan diterima oleh pikirannya dan emosi seperti apa yang dihasilkan sebagai akibat pemaknaannya tersebut.

Walaupun kita sayang sekali kepada anak, tapi kalau kita sering marah dan menekannya terus menerus, anak bisa salah mengartikannya dan hal tersebut bisa mengakibatkan suatu perasaan tidak nyaman yang terus terbawa hingga dewasa.

Berikut percakapan dengan klien satu hari setelah terapi dilakukan :

Participants:

————-

Terapis, Klien<3d<3y

Messages:

———

Terapis: Bu bagaimana perkembangan yang ibu rasakan hari ini?semoga baik ya bu

Klien: Alhamdulillah benar2 saya merasa lebih baik pak.saya juga gak menyangka efek nya bisa secepat ini.makasih ya pak.

Terapis: Sama2 bu, sukurlah. Nanti kabari saya kalau ada perkembangan lagi ya bu

Klien: Baik pak.makasih ya pak.

Terapis: Tapi tinnitus nya sdh tdk terdengar bu?

Klien: Ada pak,tapi halus banget itupun harus dicari2 dulu=D

Terapis: ha ha ha ha.

Terapis: Sukurlah saya senang sekali mendengarnya.

Klien : Lebih halus lagi dari yg saya ketemu bpk krmmarin

Terapis: Bagus deh, semoga bisa hilang sama sekali ya bu, padahal kita belum sentuh khusus kesitu ya bu

Terapis: Skrg sudah enjoy pergi jalan2 sama anak ke mall,dan gak ada lagi rasa cemas yg sering datang Alhamdulillah

Terapis: Waah sukur pada Allah ya bu

Klien: Memang dibuku miracle of tinutus,salah satu alternatif utk tinitus itu adalah hypnoteraphy,makanya saya coba konsul ke bpk

Terapis: Ya berarti memang sudah saatnya diijinkan Allah utk sembuh ya bu

Klien: Amiin YRA.iya makasih juga yah bpk di utus Allah sbgai perantara utk membantu penyembuhan saya.makasih ya pak

Terapis: Amiiin,ย  sama2 bu, keep contact ya bu

Klien: Iya pak.selamat siang

Terapis: ย Selamat siang bu:)

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Phobia Muntah

Beberapa hari yang lalu saya sempat membantu seorang pemuda. Dia datang kepada saya untuk beberapa masalah, diantaranya adalah ketakutannya pada muntah. Apa yang terjadi adalah pemuda ini merasa takut jika melihat orang muntah, merasa takut kalau dirinya muntah, sehingga pada akhirnya membuatnya cemas/tidak nyaman kalau pergi ke keramaian karena dia merasa kalau semakin banyak orang, maka ada kemungkinan dia akan melihat orang lain muntah, dan itu membuatnya cemas. Setelah ditelusuri akar masalahnya, ternyata memang dia trauma terhadap hal ini semenjak dia kecil. Namun syukurlah akhirnya masalahnya sudah jauh berkurang. Berikut adalah sms darinya setelah saya terapi satu kali berbarengan dengan kasus-kasus lainnya:

trm kasih pak phobia saya sdh berkurang banyak biarpun masih ada sedikit sekali. Kemarin saya sempat makan di luar di keramaian udah nggak cemas kaya dulu. terima kasih ya pak.

dari hal ini dapat disimpulkan memang terkadang kita tidak selalu dapat mengontrol diri kita, namun hal ini karena memang disebabkan adanya trauma di dalam diri kita. kita tidak bisa menyalahkan seseorang yang bertingkah “agak lain” dibanding orang pada umumnya. Belum tentu mereka ingin seperti itu, namun mereka tidak kuasa menahannya. Cara yang paling tepat dibandingkan menjauhi atau mengkritik adalah membantunya mengatasi masalahnya dengan cara-cara yang tepat.

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.

Menyembuhkan Irritable Bowel Syndrome dengan Hipnoterapi

IBS merupakan penyakit pada usus besar, dengan gejala antara lain diare atau sembelit. Biasanya muncul akibat depresi atau stres berkepanjangan. Gejala-gejala IBS tidak selalu membaik dengan pengobatan konvensional, yaitu diet khusus, obat untuk memperbanyak keluarnya kotoran (feses), obat untuk membuat rileks usus besar, maupun obat antidepresi untuk meningkatkan hormon serotin dalam usus dan mengurangi sakit di bagian perut.

Nyeri perut ini bisa diobati dengan hipnoterapi. Hipnoterapi merupakan salah satu bentuk psikoterapi dalam dunia psikiatri. Namun demikian, hipnoterapi juga bisa digunakan pada pasien nonpsikiatrik. Pengobatan model ini bisa digabungkan dengan jenis pengobatan lainnya.

Manfaat terapi tersebut telah diuji coba oleh tim peneliti dari University Hospital of South Manchester di Inggris. Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 200 pasien penderita nyeri perut IBS. Pasien tersebut ditangani dengan hipnoterapi dan dipantau selama enam tahun.

Dalam penelitian tersebut, setiap hari selama 12 minggu para pasien mendapatkan pengarahan mengenai hipnoterapi, masing-masing selama satu jam. Selanjutnya, setiap pasien memperoleh kaset panduan praktis untuk melakukan hipnoterapi sendiri (autohipnoterapi) di rumah masing-masing.

Hasilnya, hampir 3/4 pasien menyatakan sembuh setelah mendapatkan bimbingan hipnoterapi dan melakukan autohipnoterapi. Dari hasil rekaman di laboratorium, diketahui hipnoterapi memberi manfaat sangat positif terhadap IBS. Autohipnoterapi berhasil mengubah gerakan otot dalam usus dan sensitivitas sehingga meredakan gejala-gejala IBS.

Autohipnoterapi juga meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit yang terasa di permukaan otak. Dilaporkan juga para pasien tidak mudah ketakutan dan depresi. Pasien yang masih minum obat, selama melakukan autohipnoterapi bisa mengurangi dosisnya tanpa terganggu gejala IBS sehingga tidak perlu sering datang ke dokter.

sumber: lifestyle.okezone.com

 

Disclaimer

*Hasil hipnoterapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Keberhasilan yang satu tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua terapi pasti berhasil 100%, banyak faktor lain yang harus diperhitungkan seperti tingkat sugestibilitas, kepasrahan klien dan ketepatan klien dalam menjalani prosedur terapi.